MY LITTLE SOAP SHOP - SABOON INDONESIA

saboon-handmade-soap-indonesia
Buat yang belom tau, Saboon Indonesia ini adalah online shop sabun natural punya gw :D
Hari ini gw mau iseng-iseng nulis beberapa hal tentang dunia persabunan dan post beberapa sabun favourite yang pernah gw bikin. Yang diatas itu namanya Summer Splash Soap, gw bikinnya mirip semangka. Simpel tapi fresh. Liatnya aja seneng. Wanginya kayak seral buah, uwah, perfect summer soap lah ini!

saboon-handmade-bastille-soap-indonesia
Nah kalau yang ini Bastille Soap. Sabun yang ini mengandung 75% olive oil lho! Udah gitu ga pake pewarna dan pewangi sama sekali. Cocok buat yang kulitnya sensitif, bahkan buat bayi. Karena kandungan olive oilnya tinggi, jadi masa curingnya juga lumayan panjang, minimal 6 minggu! Masa curing itu adalah waktu yang diperluin sabun natural yang dibuat secara cold process untuk mengeras dan PHnya turun, jadi sabunnya mengeras supaya lebih tahan lama dan terasa lebih lembut di kulit.

saboon-sabun-natural-indonesia
Kalau yang ini paling baru, Cucumber Melon Soap, wanginya fruity tapi halus gitu, enak deh.
Semua sabun Saboon dibikin menggunakan metode dingin (cold-process), jadi butuh waktu curing 4-6 minggu, bahkan ada yang perlu sampe 1 tahun!!! Gw belom pernah bikin sih yang perlu curing sampe 1 tahun, bisa keburu lupa, euy! Hahaha tapi katanya sih yang curing 1 tahun itu jadinya lembuuuuuut banget di kulit.
Oh iya, semua sabun ini gw bikin dari 0, from scratch. Ukur-ukur minyak, aduk adonan, cetak, potong sendiri. Jadi bukan pake soap base yang udah jadi terus tinggal ditambahin additives aja. Soalnya kalau pake soap base, ga tau kan apa aja yang dipake buat bikinnya dan gimana mereka bikinnya. Jadi ga jauh beda sama sabun supermarket dong.

saboon-sabun-herbal-indonesia
Awalnya gw bikin sabun ini gara-gara liat di forum Female Daily. Gw tadinya ga tau kalau sabun bisa dibikin sendiri, eh ternyata bisa! Cuma emang perlu pelajarin seluk beluknya dulu sih.
Jadi karena thread Handmade Bar Soap itu gw terpesona sama handmade soap. Designnya bisa cantik-cantik banget, ga kayak sabun batang yang biasa di supermarket. Semenjak itu gw mulai deh belajar-belajar bikin sabun supaya bisa bikin sabun cantik yang kayak gw liat itu. Mungkin karena gw anaknya lumayan tertarik sama seni ya, jadi yang bikin gw tertarik duluan itu tampilannya. Ketika gw udah bisa bikin sabun yang (menurut gw) cakep, gw mikir lagi, daripada cuma tampilannya aja yang cakep, mending sekalian aja bikin pake bahan yang bagus. Jadi engga cantik doang tapi ga ada isinya. Saboon ini walaupun cantik tapi berbobot! Pake minyak dan butter yang emang moisturizing biar pas dipake juga kulit jadi sehat dan lembut. Di beberapa sabun ada yang pake shea butter dan ga main-main lho jumlahnya 25%. Kalau ga salah peraturan dari pemerintah tuh kalau ada kandungan 1% aja udah boleh tulis "mengandung lalala". Jadi misalnya ada kandungan 1% argan oil (ini minyak mahal banget, gw ga mampu pakenya haha), udah bisa ditulis "Mengandung Argan Oil". Padahal kalau cuma 1% apa bakal berasa manfaatnya? Gw sih ga yakin. Jadi buat sabun-sabun yang gw tulisin mengandung sesuatu, gw berusaha buat pake dalam jumlah yang cukup dan bukan untuk kepentingan label aja.

saboon-sabun-handmade-indonesia
Pertama bikin sabun, ya sabun gw ga kayak gini-gini. Polos aja, ga pake warna-warni, minyak yang digunain standar banget, dan bentuknya jelek hahahaha. Waktu itu bikin sabun pake kotak sepatu yang disolatip buat cetakannya! Inget banget tuhh hahaha gara-gara belom punya cetakan sabun. Akhirnya sabun paling pertama gw itu banyak yang ga kepake dan dibuang gara-gara udah kelamaan hehehe. Ya namanya juga belajar. Udah jadi sabun aja udah bagus :D

saboon-sabun-handmade-indonesia-butterfly-swirl
Setelah beberapa kali coba bikin sabun sendiri, gw coba les ke mbahnya soap maker Indonesia, @soapville. Disana gw belajar banyak dan setelah gw les itu emang kemampuan bikin sabun gw meningkat jauh. Cowo gw bilang sejak les, sabun bikinan gw jadi lebih bagus, YEAY.
Foto diatas ini namanya Mermaid Treasure Soap, nyoba butterfly swirl dan gw rasa lumayan berhasil. TERHARU BEP PAS MOTONG. Gw coba bikin butterfly swirl lagi tapi belom ada yang seberhasil ini hahahah. Nanti coba latian lagi deh.

saboon-sabun-arang-aktif-indonesia
Ini best seller Saboon nih! Charcoal Face and Body Soap namanya. Mengandung 75% olive oil dan activated charcoal. Jadi sabunnya tuh formulanya lembut banget tapi charcoalnya bisa membersihkan kulit sampe dalem gitu lho dan bisa narik racun juga. Kalau gw sukanya abis sabunan, diemin dulu beberapa menit baru dibilas. Biar manfaat sabunnya bekerja maksimal dulu. Sabun ini hitamnya 100% dari activated charcoal, ga pake pewarna sama sekali. Juga ga pake fragrance.
Kalau pake sabun yang 75% olive oil tuh enak banget rasanya di kulit. Super lembab dan kulit jadi kenyal abis mandi. Minusnya cuma satu menurut gw, sabunnya cenderung lembek. Ini emang sifat dari olive oilnya yang bikin sabun lembek. Buat ngakalinnya sih gw cuma jaga supaya tetep kering aja, jangan sampe taroh di tempat sabun yang berair gitu karena kalau sabunnya sampe berenang bakal cepet benyek.

saboon-sabun-natal-indonesia
Natal pertamanya Saboon, gw bikin sabun natal yang warnanya ga terlalu natal tapi masih berasa natalnya. Wuits berapa kata natal yang bisa gw masukin dalem satu kalimat? Hahaha!
Gw suka pink jadi gw bikin sabun warna pink yang ada pohon natalnya :D Minimalis tapi tetep sweet dan berasa natalnya kan hehehe. Wanginya pun enak, sweet citrus gitu, salah satu favorit gw fragrancenya.
Semua fragrance yang gw pake ini aman buat kulit, rata-rata belinya import dari US, jadi mahal banget T___T Sabun Saboon biasanya wangi tapi ga super duper wangi karena pake fragrancenya ga terlalu banyak. Ada beberapa sabun yang ga pake fragrance juga, jadi kalau buat yang kulitnya sensitif banget sama fragrance, bisa pake yang fragrance-free. Di setiap description sabun di Shopee atau Tokopedia gw tulisin kok mengandung fragrance atau engga.

saboon-handmade-soap-indonesia-cupcake-soap
saboon-handmade-soap-indonesia-christmas-cupcake-soap
Nah natal kedua, gw coba bikin cupcake soap bentuk pohon natal klasik. GEMES BANGET KAN. Bikinnya sampe sakit pinggang gara-gara harus pipe satu-satu semuanya. Iya bikinnya kayak bikin kue, pake piping bag dan spuit gitu. Itu semua sabun lho, termasuk "hiasan natal" merah kuningnya. Walaupun sakit pinggang tapi puas banget liatnya. Natal taun ini gw bikin lagi deh :D
Oh iya sayang nih ga begitu keliatan di foto, kalau liat langsung, di pohonnya ada glitter emasnya. Kalau kena cahaya berkilau-kilau gitu. SO PRETTY! SO MAGICAL!

saboon-handmade-soap-indonesia-souvenir-birthday
saboon-handmade-soap-indonesia-souvenir-ulang-tahun
saboon-handmade-soap-indonesia-souvenir-wedding
saboon-custom-handmade-soap-indonesia-souvenir-pernikahan
Gw bikin sabun kebanyakan buat memuaskan idealisme gw. Jadi gw beli fragrance, bikin design, dan pilih warna-warna yang gw suka buat bikin karya buat memuaskan diri gw. Ya kayak pelukis lah gitu, hehehe. Tapi ya kurang lebih gitu lah. Kalau lagi dapet inspirasi langsung bikin sesuai inspirasi gw sendiri gitu. Jadi emang gw bukan orang yang ngeliat-liat apa yang lagi laku di pasaran terus ikut bikin juga. Karena kalau gw ga suka, ya gw ga mau bikin.
Nah tapi kan lain orang lain selera, jadi selain bikin buat idealisme gw sendiri, gw juga terima pesenan, baik itu buat souvenir atau buat pemakaian pribadi. Ada yang pernah pesen Charcoal Face and Body Soap pas lagi abis dan gw lagi belom bikin, jadi dia pesen khusus 1 cetakan buat dia sendiri saking sukanya. Kalau souvenir, ada yang pesen dari jauh-jauh hari, ada juga yang pesen sekaligus banyak dari stock yang ada dan dilabelin sesuai kebutuhan acaranya. Kalau buat souvenir bisa custom lho, mau warna, wangi, dan design yang kayak gimana. Tinggal discuss aja kita~ Kalau mau packaging yang kayak apa juga bisa gw bantu cariin.


Gw kira post hari ini bakal banyakan foto dan tulisannya dikit, ternyata malah jadi cerita panjang juga ya hahaha. Semoga bermanfaat! Kalau ada yang mau ditanya boleh komen aja di bawah yaa.

Kalau ada yang mau beli Saboon, bisa langsung ke:
Shopee - https://shopee.co.id/saboon.id
Tokopedia - https://www.tokopedia.com/saboon
Instagram - https://www.instagram.com/saboon.id 
LINE @tzi0277x


follow this blog via Google Friend Connect
find me on other social medias
instagram | twitter | clozette

Share:

7 comments

  1. Keren banget Vinaaaaa! Sukses ya buat brand dan bisnisnya. Lucu banget bentuk-bentuknya. Apalagi yang pohon natal. Bakalan unik juga buat jadi kado yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you liaaa :D
      iya yg pohon natal jg aku paling sukaaa, walaupun paling cape bikinnya hahaha

      Delete
  2. Keep this going please, great job!

    ReplyDelete
  3. Aku aku mau kasih testimoni sebagai salah satu yang pake Saboon! Selain emang desainnya yang emesh bgt, aku juga suka pake ini buat mandi sampe skrg padahal biasanya gasuka pake sabun batangan XD Super awet dan gabikin kulit kering hoho. Semangat terus yaa Vina bisnisnya, sukses!

    Ghina Aulia
    {www.colored-canvas.com}

    ReplyDelete
  4. whoa, never knew this brand was yours! good luck dan sukses yaa. Kau menginspirasi kuu, secara gue suka gemees liat soapworks dan sabun2 handmade ginii :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga pernah gembar gembor soalnya ya vit hehehe. thank you yaa! mwah!

      Delete